Jakarta, 19 Maret 2022 – Bertepatan dengan Hari Air Sedunia dan sebagai bentuk kepedulian terhadap krisis air bersih di Muara Gembong, PT Penguin Indonesia menyumbangkan dua tangki air dengan kapasitas 4000 liter kepada SMP Madinatul Ilmi dan warga sekitar.

Gerakan Mengalirkan Kebaikan yang diusung oleh DAAI TV, menggerakkan hati PT Penguin Indonesia dan delapan perusahaan lainnya untuk bersama-sama memberikan bantuan.

Krisis air bersih yang melanda Muara Gembong yang terletak di sekitar Desa Pantai Mekar, Kabupaten Bekasi, sebenarnya terjadi sejak tahun 1980 dan telah menjadi isu penting, karena mengancam keberlangsungan hidup manusia.

Menurut Badan Pusat Statistik, setidaknya ada sekitar 40 ribu jiwa yang bermukim di Kecamatan Muara Gembong hingga saat ini.

Semua warga mengeluhkan sulitnya mendapatkan air bersih.

Air yang terasa asin dan seringkali berwarna hitam serta berupa lumpur, sangat tidak layak digunakan untuk mandi, apalagi masak dan minum.

Karena kondisi tersebut, kebanyakan warga harus membeli air bersih yang diambil dari Cilincing, Jakarta Utara, setiap harinya.

Para warga membeli air bersih dari penjual air bersih dengan harga berkisar antara Rp6.000 hingga Rp9.000 untuk setiap galonnya.

Sedangkan, bagi warga yang tidak mampu terpaksa harus menerima kondisi air yang tidak layak untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Alhasil, warga seringkali terkena penyakit kulit yang cukup mengkhawatirkan.

Krisis air bersih menjadi tantangan yang berat bagi masyarakat dalam menjalankan kehidupan, karena pemenuhan akses air bersih setiap tahunnya yang sangat terbatas.

Diharapkan, dengan diadakannya gerakan kepedulian ini akan membantu warga Muara Gembong dalam meningkatkan taraf kesehatan dan kesejahteraan, serta menginspirasi dan mengajak lebih banyak orang lagi untuk bersama-sama berbuat kebaikan bagi sesama.

Bagikan: