Sistem air hujan dapat menggantikan 50% pemakaian air yang dipakai untuk keperluan toilet, taman, atau mencuci baju. Mengurangi kebutuhan akan fasilitas air atau infrastruktur yang mahal dari pemerintah. Penguin menawarkan solusi Sistem Penampungan Air Hujan yang meliputi pengumpulan, penyimpanan, dan distribusi air hujan. Sistem ini relatif bebas perawatan, sederhana dalam pengoperasian, dan memberikan banyak manfaat untuk rumah Anda.

  • Mengamankan Kelestarian Air. Air hujan tidak mengandung klorin dan rendah mineral, maka ideal untuk mengisi kolam taman atau menyiram tanaman.
  • Penghematan Biaya. Untuk masyarakat dan setiap rumah tangga. Dapat mengurangi kebutuhan sarana atau infrastruktur dan fasilitas penyediaan air serta penanganan banjir yang mahal.
  • Melindungi Saluran Limbah. Dengan menangkap air hujan, mengurangi volume dan kecepatan aliran permukaan saluran perkotaan. Hal ini membantu saluran air.
First Flush – Kit Pengalih Air Hujan

Alat pemisah air hujan yang mencegah aliran pertama air hujan yang biasanya mengandung kotoran dari atap untuk masuk ke dalam tangki. Meningkatkan kualitas air hujan, mengurangi perawatan tangki dan melindungi pompa air dari kerusakan.

  • Cegah kotoran masuk ke dalam tangki
  • Pemasangan mudah
  • Terbuat dari bahan PVC yang antikorosi
  • Menggunakan fitting standar pemipaan
Jenis Kit Pengalih Air Hujan
PH-50 (15 liter) – Untuk Sistem Air Kering
PH-250 (20 liter) – Untuk Sistem Pipa Basah
Cara Kerja
  1. Air hujan dari atap rumah mengalir dari talang menuju saluran pemipaan tangki penampung
  2. Aliran air pertama air hujan yang mengandung debu serta kotoran akan masuk dan ditampung terlebih dahulu di dalam tabung pengalih atau Kit Pengalih Air Hujan
  3. Setelah tabung pengalih penuh, air bersih akan mengalir ke dalam tangki
  4. Tangki penampung dipasang pipa overflow untuk mengalirkan air hujan yang melebihi kapasitas
  5. Tangki penampung air hujan dipasang sensor otomatis pengatur volume air Otolevel yang berfungsi mengatur kerja Otorain (alat untuk mengintegrasikan sumber air utama dan air hujan)
  6. Ketika air hujan dalam tangki penuh, Otorain akan otomatis mengganti sumber air, dari sumber air utama ke air hujan. Lalu akan otomatis mengganti sumber air ke sumber air utama jika air hujan dalam tangki habis.
Sistem Pipa Kering

Tangki dipasang dekat dengan atap rumah dan air hujan langsung dialirkan ke dalam tangki. Sistem ini digunakan untuk penggunaan tangki yang memiliki daya tampung kecil.

Dalam sistem ini, Kit Pengalih Air hujan yang digunakan adalah tipe PH-50 (15 liter).

Sistem Pipa Basah

Tangki dipasang jauh dari atap rumah dan air hujan dialirkan ke tangka menggunakan pipa pendam. Sistem ini digunakan untuk penggunaan tangka yang memiliki daya tamping yang besar.

Dalam sistem ini, Kit Pengalih Air hujan yang digunakan adalah tipe PH-250 (250 liter).